Bisnis

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu teks dalam bahasa Indonesia yang berisi penjelasan secara mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa atau fenomena di masyarakat yang sedang terjadi. Contoh teks eksplanasi ini secara fungsional berusaha untuk menyajikan informasi tentang suatu hal kepada pembaca, agar pembaca dapat memahami dan mengerti tentang apa peristiwa atau fenomena yang sedang dikupas pada teks tersebut.

rumusrumus.com

Adapun dalam Sekolah Menengah Pertama (SMP), ketrampilan dalam menulisĀ  dan menyusun contoh teks eksplanasi baik secara lisan maupun tertulis dijadikan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa, karena merupakan masuk dalam standar isi kurikulum 2013. Untuk meulis ataupun menyusun sebuah teks eksplanasi maka tentu harus memahami terlebi dahulu langkah-langkahnya. Berikut langkah-langkah menulis teks eksplanasi secara runtut:

  • Menentukan tema atau topik

Tahapan awal dari penyusunan teks eksplanasi adalah dengan menentukan tema aatau topik. Tema atau topik tersebut bisa didapat dengan berbagai cara, contohnya melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang akan dibahas.

  • Mengumpulkan data

Setelah menentukan topik yang akan dibahas, dilanjutkan dengan mengumpulkan bahan-bahan sebagai data yang berkaitan dengan hal-hal yang akan ditulis. Bahan ini berguna sebagai data penunjang dalam menunjukkan eksistensi tulisan sehingga menghasilkan inovasi dan ide dalam sebuah tulisan. Bahan data tersebut dapat dicari dari berbagai sumber seperti internet, majalah, buku-buku, surat kabar dan lainnya.

  • Membuat kerangka teks berdasar struktur teks eksplanasi

Paha tahapan selanjutnya yakni menyusun kerangkan berdasarkan dari struktur teks eksplanasi, yakni pernyataan umum kemudian deretan penjelas dan interpretasi. Kerangka karangan ini dibuat agar mempermudah penulisan teks agar tidak keluar dari topik yang dibahas sehingga tetap terarah.

  • Mengembangkan teks

Pada tahap ini setelah kerangka selesai maka kemudian dikembangkan menjadi sebuah paragraf yang padu dan utuh dengan menggunakan informasi data-data yang telah dikumpulkan. Pengembangan teks juga harus memperhatikan diksi, kohesi serta kelogisan kalimat sehingga hasilnya sesuai dengan kaidah dari penulisan teks eksplanasi.

Meskipun dalam penulisan contoh teks eksplanasi sama umumnya dengan menulis karangan lainnya. Alangkah baiknya jika kita tetap memperhatikan langkah-langkah yang telah ditentukan karena dalam penulisan teks eksplanasi. Menurut rumusrumus.com harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian, kaidah dan juga struktur dari teks eksplanasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *